Triad : 14K


14K (十四K) adalah kelompok Triad yang berbasis di Hong Kong tapi juga aktif secara internasional. 14K adalah kelompok Triad terbesar kedua di dunia dengan sekitar 20.000 anggota dibagi menjadi tiga puluh subkelompok. Mereka adalah saingan utama Ming Yee On , yang merupakan Triad terbesar .14K bertanggung jawab terhadap perdagangan obat-obatan di seluruh dunia, sebagian besar heroin dan opium dari Cina atau Asia Tenggara . Ini adalah bisnis utama mereka tetapi mereka juga terlibat dalam perjudian ilegal , pencucian uang , perdagangan senjata , prostitusi , penyelundupan orang dan pemerasan .

14K dibentuk oleh anggota Partai Nasionalis Kuomintang Letnan Jenderal Kot Siu-wong di Guangzhou , Cina pada tahun 1945 sebagai kelompok anti- Komunis . Namun, mereka pindah ke Hong Kong pada tahun 1949 ketika Kuomintang melarikan diri dari Komunis setelah Perang Sipil Cina . Awalnya ada empat belas anggota yang merupakan bagian dari Kuomintang, maka diberi nama 14K. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa 14 adalah singkatan dari jumlah jalan dari bekas markas dan K singkatan dari Kowloon . [8]

Selama tahun 1990-an, 14K adalah "Triad terbesar di dunia". Pada tahun 1997, ada beberapa serangan yang terkait dengan perseturuan antar geng yang menewaskan 14 orang . Di bawah Wan Kuok-koi (dijuluki "Broken Tooth Koi",崩牙驹), 14K berperang melawan Fong Shui Triad.

Wan " The Broken Tooth" Huok-koi, pemimpin Triad 14K.Bertubuh pendek dan dikenal dengan riasan yang mencolok, ia berjalan dengan menggunakan jas bergaris-garis hitam, sepatu berwarna krem dan cincin berlian. Dia suka menghabiskan sepanjang malam di kasino dan sering tidak bangun dari tempat tidur hingga sore hari .Ia berusia 43 tahun pada tahun 1998,saat itu Wan sedang mencapai puncak kejayaan. Wan ditangkap pada Mei 1998 dengan tuduhan melakukan percobaan pembunuhan, beberapa jam setelah sebuah bom mobil menghancurkan mobil milik kepala polisi Macau.

Wan tetap menjalankan Triad 14K dari penjara melalui ponsel dan memberikan perintah lewat adiknya yang juga dipenjarakan. Dia juga dilaporkan memiliki pengunjung wanita yang sering ke masuk ke dalam selnya. Seorang sipir penjara yang mencoba "menertibkan" Wan tewas ditembak di didekat kedai kopi pada saat tidak bertugas

Comments (0)

Posting Komentar